Formula Gabungan (Gabungan Dua Formula)

Dalam tutorial Part II berikut ini saya menggunakan Formula Gabungan IF RIGHT, IF MID, IF LEFT, VLOOKUP  RIGHT dan HLOOKUP LEFT sebagai bahan ajar karena kebanyakan dari teman yang mendapatkan tugas dan harus menggunakan formula tersebut.Sebelum melangkah lebih jauh perlu diketahui terlebih dahulu apa kegunaan dari fungsi IF RIGHT, IF MID, IF LEFT, VLOOKUP  RIGHT dan HLOOKUP LEFT beserta rumus dasarnya. 1.   Gabungan Formula IF dan RIGHTFormula IF sering digunakan untuk menetukan Lulus tidak Lulus, seperti dengan namanya IF yang berarti jika, sedangkan RIGHT dugunakan untuk mengambil beberapa karakter dari data Microsoft Exel yang dimulai dari kanan.Penulisan Formula (fungsi) IF=IF(logical_test;[value_if_true];[value_if_false])Dimana :Logical_test = patokan nilai[value_if_true] = nilai yang benar[value_if_false] = nilai yang salahPenulisan Formula (fungsi) RIGHT=RIGHT(text;[num_chars])Dimana :  Text = nama baris yang ingin diambil datanya (karakternya)[num_chars] = jumlah karakter yang ingin diambil















Untuk IF
=IF(RIGHT(A5;2)="30";"3000";IF(RIGHT(A5;2)="40";"4000";IF(RIGHT(A5;2)="50";"5000";IF(RIGHT(A5;2)="60";"6000"))))

Dimana RIGHT(A5;2)="30" adalah Logical_test, “3000" adalah [value_if_true],IF(RIGHT(A5;2)="40";"4000";IF(RIGHT(A5;2)="50";"5000";IF(RIGHT(A5;2)="60";"6000"))) adalah [value_if_false],

bila diperinci didalamnya ada lagi RIGHT(A5;2)="40" adalah Logical_test, "4000" adalah [value_if_true],RIGHT(A5;2)="50" adalah Logical_test, “5000” adalah [value_if_true], RIGHT(A5;2)="60” adalah Logical_test dan“6000” adalah [value_if_true].

Untuk RIGHT
= RIGHT(A5;2)
Dimana A5 adalah Text, 2 adalah [num_chars]

2.  Gabungan Formula IF dan LEFT

Formula IF sering digunakan untuk menetukan Lulus tidak Lulus, seperti dengan namanya IF yang berarti jika, sedangkan LEFT dugunakan untuk mengambil beberapa karakter dari data Microsoft Exel yang dimulai dari kiri.

Penulisan Formula (fungsi) IF

=IF(logical_test;[value_if_true];[value_if_false])

Dimana :

Logical_test = patokan nilai

[value_if_true] = nilai yang benar

[value_if_false] = nilai yang salah

Penulisan Formula (fungsi) RIGHT

=LEFT(text;[num_chars])

Dimana : 

Text = nama baris yang ingin diambil datanya (karakternya) 

[num_chars] = jumlah karakter yang ingin diambil

=IF(LEFT(B8;2)="PS";"PUTUS SYARAF";IF(LEFT(B8;2)="PC";"PUTUS CINTA";IF(LEFT(B8;2)="KG";"KURANG GIZI";IF(LEFT (B8;2)="KD";"KURANG DUIT"))))

Dimana LEFT (B8;2)="PS" adalah Logical_test, “PUTUS SYARAF" adalah [value_if_true], danIF(LEFT(B8;2)="PC";"PUTUS CINTA";IF(LEFT(B8;2)="KG";"KURANG GIZI";IF(LEFT (B8;2)="KD";"KURANG DUIT"))) adalah [value_if_false],


bila diperinci didalamnya ada lagi LEFT (B8;2)="PC" adalah Logical_test, "PUTUS CINTA" adalah [value_if_true],LEFT (B8;2)="KG" adalah Logical_test, “KURANG GIZI” adalah [value_if_true], LEFT (B8;2)="KD” adalah Logical_test dan “KURANG DUIT” adalah [value_if_true].

Untuk LEFT
= LEFT(B8;2)
 Dimana B8 adalah Text, 2 adalah [num_chars]

3. Gabungan Formula IF dan MID

Formula IF sering digunakan untuk menetukan Lulus tidak Lulus, seperti dengan namanya IF yang berarti jika, sedangkan M ID dugunakan untuk mengambil beberapa karakter dari data Microsoft Exel yang dimulai dari tengah.

Penulisan Formula (fungsi) IF

=IF(logical_test;[value_if_true];[value_if_false])

Dimana :

Logical_test = patokan nilai
[value_if_true] = nilai yang benar
[value_if_false] = nilai yang salah

Penulisan Formula (fungsi) MID

=MID(text;start_num;num_chars)

Dimana : 

Text = nama baris yang ingin diambil datanya (karakternya)

Start_num = karakter awal yang diambil dari tengah 


num_chars = jumlah karakter yang ingin diambil


Untuk IF

          =IF(MID(A8;7;1)="L";"Laki - Laki";IF(MID(A8;7;1)="P";"Perempuan"))

Dimana MID(A8;7;1)="L" adalah Logical_test, "Laki - Laki" adalah [value_if_true] danIF(MID(A8;7;1)="P";"Perempuan" ) adalah [value_if_false]

 Untuk MID

=MID(A8;7;1)

 Dimana A8 adalah Text, 7 adalah start_num, dan 1 adalah num_c 

LEFT (mengambil karakter kiri) di gunakan untuk ,mengambil karakter pada bagian sebelah kiri dari suatu teks. Bentuk umum penulisannya adalah = LEFT(text,num_chars) contoh : LEMBAGA  =LEFT(E20,3) hasilnya : LEM.

MID (mengambil karakter tengah) di gunakan untuk mengambil karakter bagian tengah dari suatu teks. Bentuk penulisannya adalah: =MID(text,start_num,num_chars) contoh           LEMBAGA   =MID(E20,2,3) hasilnya : EMB.

RIGHT(mengambil karakter kanan) di gunakan untuk mengambil karakter bagian sebelah kanan dari suatu teks . Bentuk penulisannya adalah : =RIGHT(text,num-chars) contoh LEMBAGA   =RIGHT(E20,4) hasilnya : BAGA.



 https://adaartikel.blogspot.co.id/2011/12/part-ii-if-left-if-mid-if-right-vlookup.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MICROSOFT EXCEL

Fungsi HLOOKUP dengan VLOOKUP