Fungsi/ Manfaat Internet

      Dibalik kemudahan dalam mengakses internet, terdapat banyak manfaat yang akan kita peroleh sebagai pengguna internet. Berikut beberapa fungsi/ manfaat dari penggunaan internet :

1. Menambah Wawasan dan Pengetahuan

Perbanyak wawasan dengan internet
     Dengan adanya internet, kita jadi lebih tahu mengenai berbagai wawasan dan pengetahuan dari berbagai bidang dari seluruh dunia. Terutama bagi pelajar, internet mempermudah mereka dalam mencari informasi yang berkaitan dengan pelajaran mereka. Pelajar juga dapat melihat berbagai macam video di Youtube yang tentunya akan menunjang pendidikan mereka. Banyak video edukasi yang bertebaran di Youtube, anda pun juga dapat mendownload video-video tersebut. Untuk cara download video youtube, sudah pernah saya jelaskan sebelumnya.
     Asalkan terhubung dengan internet, kini rasanya orang dapat belajar apapun baik secara gratis maupun berbayar. Misalnya saja, jika ingin belajar bahasa asing, situs duolingo.commenawarkan paket-paket pembelajaran yang dapat diakses secara gratis. Jika ingin belajar berbagai macam topik yang dibahas di bangku kuliah, situs Khan Academy dapat menjadi salah satu solusinya. Begitu pula dengan belajar mengenai coding komputer, Code Academy dapat menjadi salah satu alternatifnya.

2. Komunikasi Menjadi Lebih Cepat
     Perkembangan internet yang semakin menjadi-jadi membuat komunikasi antar individu menjadi sangat mudah dan cepat. Kita juga dapat berkomunikasi dengan orang luar negri sekalipun dengan biaya yang relatif murah. Selain itu, sudah banyak jejaring sosial seperti Facebook yang digunakan pengguna internet untuk berkenalan dan menemukan teman baru di sana. Tidak sedikit juga dari mereka yang ngobrol/ chatting dengan kerabat mereka menggunakan jejaring sosial ini.
     Bandingkan misalnya dengan beberapa puluh tahun silam sebelum internet ditemukan. Untuk mengobrol dengan orang yang tidak berada dalam satu kota, paling tidak harus mengunjungi wartel untuk menyewa telepon. Belum lagi biaya untuk berkomunikasi yang jika dilakukan semakin lama, maka semakin mahal pula harganya. Kini, komunikasi dengan orang lain seakan semakin mudah dan murah dengan berbagai aplikasi PC atau smartphone yang terhubung melalui internet.

3. Mudahnya Belanja di Internet

Belanja melalui internet
     Dengan meledaknya penggunaan internet, semakin banyak orang yang tertarik melakukan belanja online. Saat ini, banyak orang yang lebih suka belanja online karena dianggap lebih mudah dan efisien. Salah satu keuntungan dari belanja online adalah kita tidak perlu keluar rumah untuk membeli barang yang kita butuhkan. Selain itu, ketika jam kerja sangat sibuk atau tidak teratur, belanja online merupakan pilihan yang terbaik untuk membeli barang tanpa harus menyita banyak waktu. Lagipula, biasanya para pedagang online pun menjajakan barangnya dengan harga yang berkali lipat lebih murah dibandingkan dengan barang-barang yang dijual di toko atau mall. Masuk akal sebenarnya, karena untuk membuka toko online tidak diperlukan ongkos sewa tempat yang cukup mahal. Pembeli dan penjual pun sama-sama diuntungkan dengan semakin mudahnya belanja di internet. Tak hanya barang-barang seperti pakaian, tas, dan sepatu, bahkan kini memesan makanan pun semudah membuka aplikasi yang terhubung dengan internet.

Jaringan Interconeting Network (Internet) yang dulunya itu bernama Local Area Network (LAN) belum berkembang , LAN ini berfungsi untuk menyalurkan jaringan pada satu area saja.

ISP atau Internet Service Provider mempunyai dua bentuk yaitu:

Fixed adalah jaringan yang menggunakan kabel contoh Indie Home ( satu kabel satu user). kepastian jaringan sudah fixe karena di pakai satu user 

Mobile adalah jaringan yang masuk ke semua orang contoh Indosat, Telkomsel, XL dan lain sebagainya. kepastian jaringan belum pasti karena bisa di pakai semua orang.

      3.Sinyal Tebagi menjadi dua bagian :

Voice suara untuk telepon (pesan teks) seperti berbentuk batang yang tersusun dari yang pendek sampai yang tinggi.

Data untuk akses Internet  seperti dua tanda panah yang saling berlawanan arah, atau dua gambar segitiga yang saling berlawanan.

      4.Jenis web Browser

Ms Window (Internet Explorer).

Machintos Apple (SAFARI).

LINUX ( Mozila).

Android ( Chrome).

UC Browser ( Made in China).

      5.Fungsi Search Engine :

Menyimpan data

Menghitung (menghitung pencarian).

Menganalisa (apa yang di cari oleh pencarian).

       6. IP Adrees dalam posisi pertama dan kedua dari hasil pencarian di google misalkan itu dari alamat laptop atau hp kita . dalam posisi ke tiga itu yang paling banyak di cari di pencarian tersebut.

       7.Salah satu cara untuk mencari jurnal yang efektif adalah ketika dalam segi pencarian gunakan tanda petik "                  " untuk meng efisienkan tujuan kalimat yang kita cari.
bisa juga memakai + File type : Pdf / Doc/Docx maka akan terus di perkecil tujuan pencarian kalimat kita.

https://id.wikipedia.org/wiki/Internet

http://www.nesabamedia.com/pengertian-fungsi-dan-manfaat-internet-lengkap/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MICROSOFT EXCEL

Formula Gabungan (Gabungan Dua Formula)

Fungsi HLOOKUP dengan VLOOKUP